Kesal Karena Tidak Bisa Upload File Besar? Begini Cara Meningkatkan Kapasitas Size Maksimum Upload File WordPress!

Anda pasti pernah mengalami kejadian yang menyebalkan seperti kesulitan meng-upload file besar atau melebihi kapasitas pada WordPress Anda. Tenang, Anda tidak sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan kapasitas maksimum untuk upload file pada WordPress Anda. Sebelumnya, cek dahulu berapa kapasitas maksimum default upload file yang disediakan oleh WordPress Anda. Di bawah ini adalah contoh kapasitas maksimum pada WordPress:

Upload size WordPress
Gambar 1. Upload size WordPress

Terlihat di bawah kiri kapasitas maksimum untuk upload file yang tersedia adalah 2 MB, dan itu cukup kecil. Anda perlu meningkatkan kapasitasnya sesuai keinginan.

Pada cara yang pertama Anda cukup menginstal plugin pada website WordPress Anda. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Menginstal Plugin

  1. Klik tab Plugins pada admin WordPress Anda
  2. Lakukan pencarian “increase upload” dan akan muncul banyak pilihan plugin yang dapat Anda pasang pada WordPress Anda:
Plugin Increase File Size
Gambar 2. Plugin Increase File Size

3. Anda dapat memilih salah satu plugin tersebut, misalnya WP Increase Upload Filesize lalu install.

Selain menginstal plugin seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat mencoba mengutak-atik cPanel dan mengubah pengaturan untuk meningkatkan kapasitas maksimum upload file yang ada di dalamnya. Berikut adalah caranya:

Mengubah Pengaturan pada cPanel

  1. Masuk ke cPanel website Anda
  2. Pada cPanel, pilih MultiPHP INI editor
Increase Size dari cPanel
Gambar 3. MultiPHP INI editor pada cPanel

3. Jika Anda memiliki domain lebih dari satu yang terpasang pada hosting, pilih domain yang akan diedit. Masing-masing domain akan memiliki pengaturan yang berbeda-beda.

MultiPHP INI editor
Gambar 4. Pilih domain pada MultiPHP INI editor

4. Sesuaikan pengaturan dengan keperluan, misalnya jika ingin upload file yang besar, tingkatkan upload_max_filesize, misalnya menjadi 32M atau 64M, masukkan value yang sama pada post_max_size. Jika sudah, silahkan disimpan.

Meningkatkan size upload file WordPress
Gambar 5. Meningkatkan size upload file WordPress pada cPanel

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas maksimum upload file pada WordPress. Tidak sulit dan pastinya dapat memudahkan pekerjaan Anda.

 

Sumber: WPBeginner




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *